Friday, March 23, 2018

KEMALASAN: Melanggar Firman Tuhan (1)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 23 Maret 2018

Baca:  Efesus 2:1-10

"Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya."  Efesus 2:10

Alkitab dengan tegas menyatakan bahwa kita diselamatkan karena kasih karunia  (anugerah)  melalui iman, bukan karena hasil usaha, perbuatan, atau pekerjaan kita  (Efesus 2:8-9).  Setelah beroleh anugerah keselamatan ini setiap kita memiliki tanggung jawab yaitu melakukan pekerjaan baik yang telah Tuhan persiapkan sebelumnya.  Mengapa?  sebab  "Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati."  (Yakobus 2:17).  Dan Tuhan bukan hanya ingin kita melakukan pekerjaan baik, tetapi Ia sendiri telah mempersiapkan pekerjaan baik tersebut.  "Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya."  (ayat nas).  Bagian kita adalah kita hidup di dalamnya.

     Apa yang dimaksudkan Tuhan dengan pekerjaan baik itu?  Rasul Paulus berkata,  "...tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya. Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,"  (Filipi 2:12-14).  Wujud respons kita atas keselamatan yang telah kita terima adalah melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh dan berusaha untuk hidup tidak bercela.  Tuhan Yesus berkata,  "Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,"  (Yohanes 15:8, 16).  Kata pergi dan berbuah banyak menunjukkan sebuah tindakan yang aktif, bukan pasif.  Dengan kata lain Tuhan menghendaki kita menjadi anak-anak-Nya yang giat bekerja melayani Dia, bukan bermalas-malasan.

     Orang yang giat adalah orang yang bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan.  Dan kebalikannya, pemalas adalah orang yang tidak giat bekerja atau tidak bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu pekerjaan.

Alkitab menyatakan bahwa orang yang berlaku malas itu disebut sebagai orang yang jahat di pemandangan mata Tuhan!  (Matius 25:26).

No comments:

Post a Comment