Saturday, October 15, 2016

BUKAN UNTUK PERSAINGAN DAN PERSETERUAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 15 Oktober 2016 

Baca:  1 Korintus 12:1-11

"Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama."  1 Korintus 12:7

Seperti telah diketahui kita ini hidup dalam zaman Roh Kudus, di mana Roh Kudus bekerja dengan ajaib untuk menggenapi rencana Bapa.

     Rasul Petrus berkata,  "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus."  (Kisah 2:38).  Alkitab menyatakan:  "Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang."  (1 Korintus 12:4-7).  Inilah yang kurang dimengerti orang Kristen mengapa dan untuk tujuan apa Tuhan memberikan karunia yang berlainan kepada tiap-tiap orang percaya.  Yang pasti  "...tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama."  (ayat nas).  Roh Kudus dicurahkan dan karunia-karunia-Nya diberikan supaya semua anggota dari segala suku bangsa dan denominasi diikat dalam kasih Kristus dan menyatakan kesatuan Tuhan Kristus.  "Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya."  (1 Korintus 12:27).

     Setiap individu bertanggung jawab atas karunia Roh yang Tuhan berikan.  Setiap pribadi penting dalam tubuh Kristus, oleh karenanya kita saling membutuhkan dan bersatu padu mengerjakan kehendak Tuhan.  "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya."  (Efesus 2:10).  Kita diciptakan Allah di dalam Yesus Kristus untuk satu tujuan:  melakukan perbuatan baik, bukan bersaing secara tidak sehat, berseteru, saling menjatuhkan.  Dalam tubuh Kristus terdapat berbagai suku bangsa tapi oleh darah Kristus kita sudah dipersatukan dalam satu keluarga Kerajaan Sorga.  Tuhan memberikan tiap-tiap pribadi karunia yang tidak sama, tapi semuanya bagian tubuh Kristus yang harus saling menghormati dan melengkapi.  Janganlah saling memegahkan diri, sebab semuanya adalah anugerah Tuhan.

"Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah."  1 Petrus 4:10

No comments:

Post a Comment