Friday, June 17, 2016

PENYESATAN DI AKHIR ZAMAN

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 17 Juni 2016 

Baca:  2 Tesalonika 2:1-12

"Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,"  2 Tesalonika 2:3

Selama berada di dunia ini perjalanan hidup kekristenan kita tidak akan selalu berjalan dengan mulus, sebab ada banyak sekali tantangan, rintangan yang selalu menghadang langkah kita.  Faktor-faktor inilah yang membuat banyak orang Kristen tidak lagi fokus kepada tujuan, mata mereka tidak lagi terarah kepada sasaran melainkan mulai menyimpang dari arah yang sesungguhnya.  Ada pula yang terseret arus dunia yang sangat menyesatkan.  Akhir-akhir ini kita sering mendengar kabar atau berita yang aneh-aneh tentang berbagai jenis penyesatan yang menyerang iman Kristen.  Ada gereja-gereja atau persekutuan doa yang tidak lagi memberitakan Injil Kristus secara murni, tetapi Injil sudah diselewengkan dan terkontaminasi dengan logika.

     Sebenarnya kita tidak perlu terkejut lagi karena Alkitab sudah menyatakan jauh sebelumnya bahwa penyesatan, kedurhakaan dan berbagai penyimpangan akan banyak terjadi sebelum hari kedatangan Tuhan tiba, bahkan hal itu tidak lagi dilakukan secara sembunyi-sembunyi melainkan secara terang-terangan.  Mengapa hal ini Tuhan ijinkan terjadi?  Tujuannya adalah untuk menguji iman dan kesungguhan orang percaya dalam mengiring Tuhan.  "Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."  (Matius 3:12).

     Bukan waktunya lagi orang Kristen hidup santai-santai.  Mari tingkatkan kualitas iman kita.  Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas ibadah dan pelayanan, melainkan usahakanlah kita benar-benar menjadi pelaku firman, sebab  "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga."  (Matius 7:21).  Salah satu faktor orang Kristen mudah sekali disesatkan dan diombang-ambingkan adalah karena mereka tidak tergembala dengan baik dan tidak tertanam di gereja lokal, yang dikarenakan mereka suka sekali pindah-pindah gereja dan tidak memiliki komitmen!

Tingkatkan ibadah dan tertanamlah di gereja lokal agar tidak mudah disesatkan!

1 comment:

  1. Terpujilah nama Tuhan.
    Saudara, bgmn yg dimaksud tertanam digereja lokal? Dan komitmen bergereja lokal cthnya sprt apa? Mnrt kejadian yg ada, mengapa jemaat berpindah-pindah?apakah berd waktu atau byknya gereja yg dimasuki,mk mrk disebut berpindahpindah? Dan apa kt Alkitab? Terimakasih.
    Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete