Wednesday, June 18, 2014

Seri Keselamatan: KARENA KASIH KARUNIA

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 18 Juni 2014

Baca:  Titus 2:11-15

"Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata."  Titus 2:11

Kasih adalah salah satu sifat dasar Allah.  "...sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih."  (1 Yohanes 4:7-8).  Bila kasih ini dihubungkan dengan penyelamatan terhadap manusia berdosa, maka dikatakan sebagai kasih karunia atau anugerah.

     Istilah kasih karunia diterjemahkan dari kata Yunani  'kharis'  yang dapat diartikan:  anugerah, pemberian, kemurahan hati, pahala.  Di dalam Perjanjian Baru kata ini bermakna:  kemurahan hati Allah yang tidak pantas diterima oleh orang yang seharusnya layak untuk dihukum.  Adapun arti umum dari kata kasih karunia adalah pemberian yang dilandasi dengan sukacita, bukan karena keterpaksaan.  Jadi kematian Yesus Kristus di atas Kalvari untuk menebus dosa umat manusia itu bukan dilakukan dengan keterpaksaan, tetapi karena kasih karunia yang Allah berikan didasari oleh kasihNya yang besar kepada umatNya.  Dengan demikian jelas sekali bahwa keselamatan manusia berdosa bukan oleh karena perbuatan baik, amal atau karena kesalehan hidupnya, melainkan semata-mata karena pemberian atau kasih karunia dari Allah.  "Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman"  (2 Timotius 1:9).

     Perbuatan baik tidak akan pernah sanggup membenarkan manusia yang berdosa, sebab pada dasarnya  "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak."  (Roma 3:10).  Inilah yang mendasari mengapa Allah menyatakan kasih karuniaNya, yaitu supaya kita yang berdosa beroleh pembenaran dan keselamatan.  Pemberian secara cuma-cuma dari Allah inilah yang merupakan hakekat dari kasih karunia.  Kemudian kita yang telah beroleh kasih karunia itu harus mau dibentuk dan dididik oleh Tuhan supaya kita benar-benar meninggalkan kehidupan dosa dan beribadah kepadaNya dengan sungguh-sungguh.

Kita diselamatkan karena anugerah Tuhan semata, bukan karena siapa kita!

1 comment:

  1. Trimakasih, saya setuju sekali bahwa keselamatan hanya oleh kasih karunia, seperti yang ada dalam efesus 2. hal ini akan sangat menolong pembaca untuk mengerti dengan benar.

    ReplyDelete