Wednesday, May 14, 2014

BERMUATAN KASIH

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 14 Mei 2014

Baca:  Yosua 14:6-15

"...ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati."  Yosua 14:14

Seberapa konsisten kita mengasihi Tuhan?  Apakah kita seperti Kaleb yang mampu mempertahankan gelora kasihnya kepada Tuhan, dari kasih mula-mula sampai ia berusia tua?  Kasih Kaleb kepada Tuhan tidak mengenal musim!  Tidak hanya setahun atau beberapa tahun, tidak hanya saat diberkati, atau tubuh dalam keadaan kuat dan sehat ia mengasihi Tuhan, tapi kasihnya hingga pada masa tuanya.  Mengasihi Tuhan berarti beribadah kepada Tuhan dan melayani Dia dengan sepenuh hati, bukan hanya sebagai aktivitas rutin belaka.  Jadi melakukan segala sesuatu untuk Tuhan harus bermuatan kasih.  "Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!"  (1 Korintus 16:14).

     Tanpa kasih mustahil kaleb bertahan mengikut Tuhan dan berpegang pada janjiNya.  Kaleb berkata,  "Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini;"  (Yosua 14:10), sampai akhirnya Tuhan memberikan Hebron sebagai milik pusakanya.  45 tahun bukanlah penantian yang singkat.  Siapa kita ini di hadapan Tuhan, sehingga kita mengikut Tuhan dan melayaniNya tanpa kesungguhan hati?  Tuhan terlalu mulia dan sangat mulia.  Tidaklah cukup sekedar rajin beribadah dan turut terlibat pelayanan tanpa muatan kasih.  "Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku."  (1 Korintus 13:1-3).

     Biarlah waktu-waktu yang ada kita pergunakan untuk lebih bersungguh-sungguh di dalam Tuhan, sebab  "...akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja."  (Yohanes 9:4).

Ibadah dan pelayanan kepada Tuhan harus didasari kasih!

No comments:

Post a Comment