Saturday, March 22, 2014

IMPIAN YANG TERWUJUD (1)

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 22 Maret 2014

Baca:  2 Raja-Raja 2:1-18

"Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: 'Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.'"  2 Raja-Raja 2:9

Elisa mempunyai mimpi dan keinginan besar dalam hidupnya yaitu mendapatkan dua bagian dari roh Elia.  Secara manusia impian atau keinginan Elisa itu sulit dan tidak mungkin untuk diwujudkan seperti dikatakan Elia kepadanya:,  "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi."  (2 Raja-Raja 2:10).

     Meski mustahil secara manusia,  "Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!"  (Markus 9:23).  Akhirnya impian atau keinginan Elisa tersebut menjadi kenyataan setelah ia melihat Elia naik ke sorga.  "...tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai. Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: 'Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!' Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan. Sesudah itu dipungutnya jubah Elia yang telah terjatuh, lalu ia berjalan hendak pulang dan berdiri di tepi sungai Yordan."  (2 Raja-Raja 2:11-12).  Jika kita mau berusaha dan berjuang, apa yang kita impikan pasti akan menjadi kenyataan.

     Elisa menginginkan dua bagian roh Elia, artinya ia memiliki rasa haus dan lapar terhadap perkara-perkara rohani;  ia rindu hidupnya dipakai Tuhan secara luar biasa seperti yang terjadi pada diri Elia.  Yesus berkata,  "Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan."  (Matius 5:60.  Elisa mengalami breakthrough dalam pelayanan, Elisa berjalan dalam urapan Tuhan.  Ketika Roh Kudus dicurahkan, perkara-perkara besar terjadi.  "...kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."  (Kisah 1:8).  Setelah menerima urapan dua bagian, di mana pun Elisa melayani, pelayanannya membawa dampak yang luar biasa.

Tuhan memberikan mimpi dan menaruh keinginan serta rencanaNya di dalam hidup orang percaya, dan mimpi itu akan terwujud seiring dengan besarnya kerinduan dan keinginan kita untuk dipakai sebagai alat kemuliaanNya.

4 comments:

  1. Trimakasih utk bacaan renungan yg slalu indah setiap harinya. Bacaan hari ini menggugah hati saya utk menulis betapa sukacita saya membaca renungan hari ini. Sangat tepat dgn apa yg saya rasakan di waktu2 ini, krn saya sedang dlm persiapan tes masuk perguruan tinggi negeri. Saya yakin Tuhan melihat hati saya melalui niat dan setiap harapan saya. Saya hanya menyerahkan hati saya sepenuhnya dlm tangan Tuhan, sy tidak semata2 mengandalkan hanya kemampuan saya. Semoga kelak dlm pengumuman saya boleh menerima kabar sukacita utk saya berikan utk orangtua terutama bagi kemuliaan Tuhan. Teman2 semua, tolong doakan saya ya. Tuhan berkati kita semua :)

    ReplyDelete
  2. Percayalah jika Tuhan memanggil kita satu tugas pelayanan.Tuhan akan memberikan semangat dan kasih karunia.

    ReplyDelete
  3. Percayalah jika Tuhan memanggil kita satu tugas pelayanan.Tuhan akan memberikan semangat dan kasih karunia.

    ReplyDelete
  4. Percaya terus menerus dlm iman dan pengharapan kpd Allah,dgn teguh pasti Tuhan mengabulkan permintaan akan kuasamelayani. Amin

    ReplyDelete