Friday, July 6, 2012

MARIA MAGDALENA: Diampuni dan Dipulihkan!

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 6 Juli 2012 -

Baca:  Lukas 7:36-50

"Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya (Maria Magdalena - Red.) yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."  Lukas 7:47

Dalam kehidupan, setiap orang pasti pernah berbuat dosa atau melakukan kesalahan.  Setiap orang juga memiliki masa lalu, apakah itu baik atau tidak baik (kelam), seperti yang dialami oleh Maria Magdalena.  Arti nama Maria adalah dilepaskan dari kepahitan.  Ini sesuai dengan latar belakang hidupnya, di mana ia memiliki masa lalu yang kelabu dan sangat pahit.  Sebelum bertemu dengan Yesus dan mengalami pertobatan, Maria Magdalena adalah seorang wanita yang 'tidak baik', bahkan ia terlibat pula dengan kuasa-kuasa kegelapan.  Sudah menjadi rahasia umum bila wanita berprofesi demikian selalu berusaha untuk tampil cantik sehingga berbagai upaya ia tempuh supaya dapat memikat lawan jenisnya.  Tidak jarang mereka pergi ke dukun atau paranormal untuk pasang 'susuk penglaris'; mereka rela melibatkan diri dengan roh-roh jahat.

     Namun setelah bertemu dengan Yesus Maria Magdalena mengalami kelepasan dan disembuhkan dari roh-roh jahat yang menyerangnya.  Alkitab mencatat:  "Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,"  (Lukas 8:1-2).

     Karena mengalami pertolongan Tuhan yang ajaib dan dosanya yang besar telah diampuniNya, Maria Magdalena bertekad untuk membalas kasih dan kebaikan Tuhan itu dengan turut ambil bagian dalam pelayanan pekerjaan Tuhan.  Bahkan ia rela berkorban dengan memberikan apa yang dimiliki sebagai wujud kasihnya kepada Tuhan.  Tertulis:  "Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi.  Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu."  (Lukas 7:37b-38).
(Bersambung)

2 comments:

  1. maaf,tapi saya ingin bertanya darimana anda bisa menyimpulkan bahwa wanita itu adalah Maria Magdalena?Sebab di Lukas 7:36-50 sama sekali tidak disebutkan nama Maria Magdalena.Nama Maria Magdalena baru muncul pada Lukas 8 ayat 2 dan disebutkan sebagai wanita yang dibebaskan dari 7 roh jahat,bukan sebagai wanita berdosa yang mengurapi TUHAN YESUS..

    ReplyDelete
  2. Syalom..Mohon infonya...ada satu buku ttg maria magdalena yg sya baca,disitu di kemukakan klo yang membasuh kaki YESUS dengan wanita yg di bebaskan dr 7 Roh Jahat adalah 2 wanita yg berbeda dan yang membasuh kaki TUHAN YESUS bukanlah maria magdalena melainkan wanita yg berbuat zinah dan waktu kejadian tersebut maria magdalena memang berada di situ,,thx..God Bless

    ReplyDelete