Saturday, April 9, 2011

JANGAN KUATIR: Tuhan Memelihara Kita

Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 9 April 2011 -

Baca:  Lukas 12:22-31

"Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?"  Lukas 12:25

Siapa pun orangnya, entah itu pria atau wanita, tua atau muda, orang kaya atau miskin, orang berpangkat atau pegawai rendahan, tinggal di kota, desa, di lereng gunung atau di daerah pelosok, semuanya pasti pernah merasa kuatir.  Adalah bohong jika ada orang yang berkata,  "Seumur hidup aku tidak pernah kuatir.",  karena rasa kuatir adalah bagian dari kehidupan manusia.  Merasa kuatir itu wajar, tapi kita tidak boleh larut dalam kekuatiran setiap hari atau keterusan hidup dalam kekuatiran.

     Lalu bagaimana caranya untuk tidak larut dalam kekuatiran?  Caranya ialah membangun kekariban dengan Tuhan setiap hari, karena kehadiranNya melenyapkan kekuatiran dan membuat damai sejahtera.  Maka dari ini "Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu."  (1 Petrus 5:7).  Bila kita tetap larut dalam kekuatiran, hal itu akan merugikan diri kita sendiri.  Kita tidak akan bertumbuh dan maju, bahkan keadaan kita akan semakin buruk.  Ketika seseorang terus dalam kekuatiran, dalam hidupnya pasti tidak ada ucapan syukur, yang ada hanya keluh kesah dan persungutan.  Maka supaya kekuatiran itu lenyap, kita harus mengarahkan pandangan kita kepada Tuhan Yesus dan percaya kepadaNya dengan sepenuh hati.  Jangan terpaku, yang meski secara kasat mata di perhadapkan pada ujian, kesesakan, penderitaan, aniaya dan sebagainya, tidak larut dalam kekuatiran:  "-sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat-"  (2 Korintus 5:7).  Perhatikan juga riwayat perjalanan bangsa Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian.  Meski harus melewati padang gurun yang gersang dan panas selama 40 tahun, mereka tidak pernah berkekurangan.  Tuhan memelihara mereka dengan caraNya yang ajaib:  tiang awan dan tiang api senantiasa menaungi mereka, ketika haus Tuhan menyediakan air, ketika lapar Dia mengirimkan manna (roti sorga) dan juga burung puyuh.

     Mungkin saat ini kita sedang mengalami seperti yang dialami oleh bangsa Israel yaitu berada di 'padang gurun'.  Ingatlah, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita!  Jangan lagi kuatir!  Yang terpenting,  "...carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."  (Matius 6:33).

Ketika mengutamakan Tuhan dan kebenarannya, tidak ada hal yang perlu kita kuatirkan!

10 comments:

  1. guys.. seperti yang sudah diutarakan diatas tadi bahwa kita jangan kuatir, karena Tuhan sudah rencanakan yang terbaik buat kita semua. setiap hari ada saja yang kita kuatirkan; entah itu masalah pribadi, keluarga, teman sahabat atau pergumulan hidup kita dll. tapi firman Tuhan berkata "jangan kamu kuatir akan hidupmu...." yang terpenting adalah carilah dahulu kerajaanNya maka semuanya akan ditambahkan kepada kita" brarti dalam hal inisemua masalah kita yang kita hadapi, kita serahkan kepada Dia,Dia yang akan memprosesnya, tapi ada syaratnya yaitu utamakan Dia dalam hidup kita dan andalkan Dia.

    ReplyDelete
  2. Aku masalah kita dalam hidup ini kita harus lebih dekat kepada Tuhan dengan cara selalu membaca firman Tuhan dan merenungkan itu siang malam agar kita mempunyai iman yang kuat yang tidak dan tidak kuatir kan hidup ini serahkan semua pergumulan hidup ini kepada Tuhan Yesus bahwa dia akan menyelesaikan semuanya amin

    ReplyDelete
  3. Apapun persoalan kita.. Serahkan kpd Tuhan.. Pasti Tuhan tolong.. Pasti Tuhan berkati. Arti berserah = Mengandalkan Tuhan. Baca:Yer.7:7.Haleluya..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih buat renungannya, Tuhan memberkati kita.

    ReplyDelete
  5. Trmksih ats pengutnya lewat renungn ini. Saat ini kita diperhdpkn dengn keadan yg sulit. Jika kita berseru dan berserh pd Tuhan semuanya akan baik2 sj. TYM.

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas renungannya, Tuhan Yesus Memberkati

    ReplyDelete
  7. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita semua �� Tuhanku hebatt!! Thank God.

    ReplyDelete